Tuesday, April 18, 2006

Yang Tak Pernah Kutahu

Bunga sering memberikan nilai aestetik dalam hidupku. Tapi banyak bunga yang tidak kuketahui namanya. Saya pikir tidak masalah karena saya ini bukan tukang bunga. Lagi pula, kalau saya jadi tukang bunga pasti banyak orang yang tertawa.

Walaupun bunga ini adalah bunga yang umum di desa-desa, saya tidak pernah tahu (hm...tidak pernah tahu atau memang tidak mau tahu) namanya. Bunga yang indah menghiasi halaman ini ada Sakya Ditha Training Center, Panadura--sekitar 3 jam dari tempat tinggal saya.


Yang ini sih beda warna, juga beda tempatnya. Bunga ini ada di Bellanwila Rajamaha Vihara, salah vihara yang paling terkenal di Kota Kolombo. Di vihara ini dulu, kami tinggal selama kurang lebih 1,5 tahun.


Tatkala malam berlalu, bunga pun masih senantiasa mekar menampakkan keindahannya.


Ini bunga apa ya? Kok sampai-sampai semut juga turut menikmati keindahannya.


Yang ini juga aku tidak tahu namanya.

Pokoknya banyak bunga yang tidak saya ketahui namanya. Orang bilang tak kenal, maka tak sayang. Di satu sisi, pribahasa itu ada benarnya namun di sisi lain juga tidak benar. Buktinya walaupun saya tidak kenal nama-nama bunga tersebut, saya tetap menyukai bunga, paling tidak untuk dinikmati nilai aestetiknya.

No comments: